Senin, 17 Juni 2013

Analisis Kasus 5.2

Nama      : Rista Argie Prihantini
Kelas      : 4EB06
NPM       : 24209830

Kasus 5.2
Lihat dulu baru percaya ( buku Frederick S , halaman 228)
Deskripsi singkat mengenai kasus yang terdapat dalam buku tersebut
Greg Benson, seorang penilaia saham yang bertanggung jawab untuk merekomendasikan perusahaan sekuritas perdagangan meksiko kepada klien di firma brokernya. Pekerjaan greg terhambat oleh informasi yang sulit dipercaya dan sangat susah untuk di dapatkan di Negara Meksiko. Setelah di teliti, ternyata informasi merupakan suatu yang sangat rahasia dan sulit untuk didapatkan di Negara ini.
Menelisik kebelakang, ternyata diketahui bahwa mengapa sebuah informasi dikatakan sangat rahasia dan sulit didapatkan dinegara meksiko, sejak zaman kepemimpinan Aztec informasi menjadi sebuah kekuatan sebuah bangsa. Mengenai hal ini, tidak hanya untuk bidang bisnis saja masalah informasi menjadi sebuah rahasia namun, diberbagai bidang pemerintahan pun informasi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan menjadi kekuatan suatu bangsa.
Fakta ini membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perekonomian meksiko, hingga sempat nilai tukar mata uang meksiko anjlok dipasar valas, pun dengan investor yang ingin berinvesatsi menjadi sungkan dan ragu untuk berinvesatsi di Negara ini. Melihat kenyataan seperti ini, sungguh sangat merugikan bagi Negara Meksiko.
Analisis dan komentar penulis mengenai kasus di atas
 Informasi menjadi sesuatu yang sangat penting untuk hal apapun, terlebih lagi untuk berbagai lingkup kehidupan, tak terkecuali bidang pemerintahan dan bisnis. Informasi menjadi jantung bagi kehidupan sebuah perekonomian Negara yang disokong oleh bisnis – bisnis yang berjalan di Negara tersebut, baik bisnis domestik maupun bisnis regional yang berhubungan dengan Negara lain / pihak diluar territorial Negara.
Menyangkut kasus ini, Meksiko tengah berada pada situasi yang buruk mengenai informasi. Seperti yang telah saya uraikan sebelumnya, bahwa informasi menjadi nyawa bagi jalannya roda perekonomian Negara, Meksiko kini sedang di hadapkan pada menurunnya perekonomian Negara nya di mata dunia. Sungguh hal ini sangat merugikan bagi Negara meksiko.
Sudah seharusnya Negara ini mengubah ideologi mengenai informasi untuk tetap berkembang dan berjalan seiring dengan jalannya roda perekonomian dunia. Menempatkan informasi menjadi sumber dan kekuatan dalam perekonomian, dan menghilangkan kata – kata rahasia dalam hal informasi. Dalam pengertian, informasi yang ada dinegara tersebut – damal hal apapun – harus tersampaikan dengan  jelas dan tepat sesuai dengan keterjadian dan keberadaan informasi tersebut, tanpa adanya kesalahan atau kekeliruan dalam hal informasi.

Mengubah ideologi dan paradigma masyarakat atau pelaku bisnis di Negara Meksiko menjadi kunci perubahan ke arah yang lebih baik untuk Negara ini. Pengolahan informasi menjadi sesuatu yang dapat di andalkan menjadi salah satu aspek yang dapat membangkitkan perekonomian Negara ini. Dengan demikian, kasus seperti ini, kasus mengenai sulitnya sebuah informasi bukan menjadi hambatan lagi bagi perkembangan perekonomian Negara Meksiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar